SELAMAT DATANG DIINFO TENTANG KESEHATAN, DAPATKAN APA YANG ANDA CARI DISINI...ADA JUGA ARTIKEL LAIN (SPORT, LIVE STYLE, POLITIK, EKONOMI BISNIS, TEHNOLOGI, SELEBRITI DAN MASIH BANYAK LAGI

Sabtu, 21 Januari 2012

SMKN 1 Cirebon Buat LCD TV Esemka Binar


Ternyata siswa-siswa SMK tidak hanya mampu membuat dan merakit mobil Kiat Esemka seperti yang dilakukan oleh pelajar SMK di Surakarta, Jawa Tengah. Siswa SMK juga mampu membuat LCD TV seperti yang dilakukan SMKN 1 Cirebon, Jawa Barat.
Sejak pertama kali dibuat sekitar dua tahun lalu, sudah lebih dari 200 buah LCD TV yang dihasilkan siswa SMKN 1. “Proses pembuatannya dilakukan di ruang praktik yang dikerjakan siswa,” kata Kepala SMKN 1 Kota Cirebon, Sutadi.
Studai menjelaskan LCD TV tersebut memiliki beberapa kelebihan, seperti beban ringan, hemat listrik, dapat membaca format file mp3, jpeg, wma7, wma8, aac, ac3, bmp, dan mpeg yang dapat dijalankan melalui USB.
Pembuatan satu televisi membutuhkan waktu sekira 40 menit yang pembuatannya dibagi dalam kelompok terdiri dari 10 siswa. Pembuatan LCD TV tersebut selanjutnya diperjualbelikan oleh siswa kelas XII yang dianggap telah mengetahui teknik pembuatannya.
Televisi yang diberi nama Esemka Binar tersebut juga sudah ditawarkan di internet maupun melalui pameran-pameran, termasuk di Jakarta. Televisi ini dibuat dalam dua ukuran, yakni 42 inci dan 32 inci dengan masing-masing harga Rp 4,8 juta dan Rp 2,5 juta. Hasil penjualan televisi tersebut digunakan untuk membiayai produksi televisi selanjutnya.
Meski terbilang cukup sukses, Sutadi mengaku, SMKN 1 belum bisa memproduksi televisi tersebut dalam jumlah banyak.“Modalnya terbatas sehingga kami pun tidak bisa memproduksi dalam jumlah banyak,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar